Fakta Menarik Di Balik Kemenangan Lando Norris

Lando Norris takes sprint pole in rain-drenched Shanghai qualifying session  | The Independent

Bagi pecinta formula 1 di seluruh dunia tentunya akan sangat hafal dengan pembalap muda yang kini sedang naik daun yakni Lando Norris.

Kemenenangannya pada GP Miami 6 Mei 2024 lalu. Meskipun di awal pertandingan Lando Norris mendapatkan posisi yang kurang nyaman. Namun semua dapat diambil alih. Berikut fakta menarik di balik kemenangan Lando Norris:

  1. Kemenangan Pertama Lando Norris

Pada awal debut di formula 1, para pecinta formula 1 banyak yang menduga bahwa Lando Norris akan menjadi pembalap yang sangat potensial.  Akan tetapi mobil McLaren yang terkadang tidak dapat berkompetitif membuat Norris sangat kesulitan untuk melaju ke barisan depan.

Hal ini mengakibatkan Norris sangat sulit untuk meraih kemenangan. Dan sebelum GP Miami 2024, ternyata Norris juga pernah hampir meraih kemenangan pada saat GP Rusia di tahun 2021. Dengan mengawali posisi pada barisan paling depan dan juga memimpin beberapa saat dengan nyaman saat pertandingan.

Namun sayangnya keputusan buruk yang diambil pada saat lintasan mulai diguyur dengan hujan membuat Norris gagal meraih kemenangannya. Namun kini semuanya sudah terobati dengan kemenangan pada GP Miami 2024.

  1. Hasil Terbaik Lando Norris Pada GP Miami

Atas kemenangannya Lando Norris pada GP Miami merupakan hasil terbaik dari sejarah perjalanan pertandingan balapan di formula 1. Hal itu juga dibuktiikan dengan dua pertandingan balapan sebelumnya Norris tidak pernah memberikan poin bagi McLaren.

Di tahun 2022 Norris pernah gagal mencapai garis finish dikarenakan mengalami kontak dengan pembalap Alpha Tauri, Pierre Gasly.

Dan satu musim berselang Norris juga kembali gagal mendapatkan poin, hal ini diakibatkan dari mobil McLaren yang jarang sekali kompetitif di awal 2023 sehingga membuat Norris sangat sulit meraih barisan depan. Dan Norris pun harus puas dengan hasil posisi ke 17.

  1. Lando Norris Medapatkan Empat Kesamaan Pembalap Terdahulu

Dari kemenangan yang diraih pada GP Miami 2024, Lando Norris membuat persamaan empat pembalap terdahulu seperti Mika Hakkinen, Patrick Depailler, Jean Allesi dan Eddie Irvin. Semuanya sempat merasakan 15 podium sebelum pada akhirnya mendapatkan kemenangan.

Dan jumlah tersebut menjadi yang terbanyak sebelum akhirnya mendapatkan kemenangan. Patrick Depailler mendapatkan kemenangannya di GP Monako 1978 bersama Tyrell. Mika Hakkinen mendapatkan kemenangannya di GP Eropa 1997 bersama McLaren.

Jean Allesi meraskan kemenangan pertamanya pada GP Kanada 1995 bersama Ferari. Dan Eddie Irvine meraih kemenangannya di GP Autralia 1999 bersama Ferari.

  1. Lando Norris Membuat Persamaan Dengan Lewis Hamilton Dengan McLaren

Lando Norris bukan hanya meraih kemenangan perdananya di GP Miami. Namun seri itu juga menandai pertandingan balapan ke 110 Norris dengan tim yang bermarkas di  Woking, Inggris.

Dan ternyata jumlah itu menyamai dari catatan Lewis Hamilton yang bersama McLaren di periode 2007 hingga 2012. Saat ini Norris juga termasuk pembalap yang berada diurutan keempat dari pembalap McLaren dengan jumlah start terbanyak pada pertandingan Formula 1.

  1. Pembalap Pertama Yang Mengawali Debut Dengan Menang di Amerika

Lando Norris yang menjadi pemenang pembalap pertama pada debutnya di pertandingan Amerika pada fomula 1. Terakhir hal yang sama terjadi pada tahun 1982.

Dimana Michelle Alboreto bersama Tyrell berhasil meraih kemenangan di GP Caesars Palace. Dan setelah kemenangan Michelle tidak ada pembalap lain yang mengawali debut kemenangan pertamanya di Amerika.