Gaji UMR Tetap Bisa Menabung Kok! Ini 7 Caranya

Mau Luncurkan Bank Digital, Krom Bank (BBSI) Angkat Presdir Baru

Banyak orang yang merasa pesimis bisa menabung dengan gaji UMR (Upah Minimum Regional). Mereka beranggapan bahwa kebutuhan sehari-hari sudah cukup menguras penghasilan, sehingga menabung menjadi hal yang sulit dilakukan.

Namun, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan agar tetap bisa menabung meskipun gaji pas-pasan. Berikut ini adalah tujuh cara efektif yang bisa kamu coba.

1. Buat Anggaran Bulanan

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat anggaran bulanan. Catat semua pemasukan dan pengeluaran secara rinci. Dengan anggaran yang jelas, kamu bisa melihat pos mana saja yang bisa dikurangi.

Misalnya, kurangi pengeluaran untuk makan di luar atau belanja barang yang tidak perlu. Pastikan kamu selalu berpegang pada anggaran yang telah dibuat agar pengeluaran tidak melebihi pemasukan.

2. Prioritaskan Kebutuhan, Bukan Keinginan

Belajarlah untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah hal-hal yang harus dipenuhi untuk hidup, seperti makanan, tempat tinggal, dan transportasi.

Sementara keinginan adalah hal-hal yang diinginkan tetapi tidak mendesak, seperti pakaian mahal, gadget terbaru, atau liburan mewah. Prioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan terlebih dahulu dan sisihkan sebagian gaji untuk menabung.

3. Gunakan Metode 50/30/20

Metode 50/30/20 adalah salah satu cara sederhana untuk mengatur keuangan. Alokasikan 50% dari gaji untuk kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan atau investasi.

Dengan metode ini, kamu bisa tetap menikmati hidup sambil memastikan ada dana yang disisihkan untuk masa depan. Misalnya, jika gaji UMR sebesar Rp5 juta, maka Rp2,5 juta untuk kebutuhan, Rp1,5 juta untuk keinginan, dan Rp1 juta untuk tabungan.

4. Simpan Uang Receh

Jangan meremehkan nilai uang receh. Biasakan untuk menyimpan uang receh dalam celengan atau wadah khusus. Meskipun terlihat kecil, jika dikumpulkan secara rutin, uang receh ini bisa menjadi jumlah yang signifikan. Kamu bisa menukarkan uang receh tersebut ke bank atau menggunakan untuk kebutuhan mendesak.

5. Manfaatkan Promo dan Diskon

Carilah promo dan diskon saat berbelanja kebutuhan sehari-hari. Banyak supermarket atau toko online yang sering menawarkan promo dan diskon menarik.

Dengan memanfaatkan promo dan diskon, kamu bisa menghemat pengeluaran sehingga bisa menabung lebih banyak. Namun, pastikan kamu tetap bijak dan tidak tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan hanya karena diskon.

6. Bawa Bekal Makan Siang

Salah satu pengeluaran yang sering tidak disadari adalah biaya makan siang di luar. Jika kamu bekerja, cobalah untuk membawa bekal makan siang dari rumah.

Selain lebih hemat, bekal makan siang dari rumah juga biasanya lebih sehat. Uang yang biasanya digunakan untuk makan siang bisa kamu tabung untuk keperluan lain.

7. Otomatisasi Tabungan

Jika memungkinkan, atur agar sebagian dari gaji kamu secara otomatis ditransfer ke rekening tabungan setiap bulannya.

Dengan begitu, kamu tidak perlu repot memindahkan uang secara manual dan lebih disiplin dalam menabung. Banyak bank yang menawarkan fitur ini untuk memudahkan nasabahnya dalam menabung.

Keunggulan Krom Bank yang Membantu Menabung

Mengelola keuangan dengan baik memang memerlukan usaha, namun teknologi bisa sangat membantu. Aplikasi bank digital seperti Krom Bank menawarkan berbagai fitur unggulan yang dapat mendukung kamu dalam menabung, terutama dengan gaji UMR.

1. Tabungan Berbunga Tinggi

Krom Bank menawarkan tabungan dengan bunga tinggi hingga 6% per tahun. Dengan bunga yang lebih besar dibandingkan kebanyakan bank lain, kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih dari uang yang kamu tabung, sehingga tabunganmu bertumbuh lebih cepat.

2. Deposito Berjangka

Bagi kamu yang ingin mengunci sebagian dana untuk masa depan, Krom Bank menyediakan deposito berjangka dengan bunga hingga 8,75% per tahun. Ini adalah cara aman untuk memastikan dana kamu berkembang tanpa terpengaruh fluktuasi pasar.

3. Aplikasi yang User-Friendly

Aplikasi Krom Bank dirancang dengan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Kamu bisa mengatur keuanganmu dengan lebih efektif, memantau pengeluaran, dan menabung secara otomatis. Fitur-fitur ini memudahkan kamu dalam mengelola keuangan sehari-hari.

4. Keamanan Terjamin

Krom Bank telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sehingga kamu bisa menabung dengan tenang tanpa khawatir tentang keamanan dana.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur unggulan dari Krom Bank, menabung dengan gaji UMR menjadi lebih mudah dan efisien. Jadi, jangan ragu untuk mulai menabung dan mengelola keuangan dengan lebih baik bersama Krom Bank.