Rangkuman Berita Terbaru Tentang Joko Widodo 

President Joko Widodo is Trusted to Become a Member of the UN Champions  Group - Jakarta Daily

Joko Widodo atau yang lebih populer disebut Jokowi merupakan salah satu Presiden Indonesia. Presiden Jokowi menjadi Presiden Indonesia yang ketujuh. Presiden Indonesia yang ketujuh ini namanya sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Berbicara tentang Joko Widodo, kali ini akan memberikan rangkuman berita terbaru tentang Joko Widodo sebagai berikut:

  1. Jokowi Resmikan Bendungan Sepaku Semoi Rp836 Miliar, Sumber Air Minum di IKN

Pada hari ini Selasa (4/6/2024), Presiden Joko Widodo telah meresmikan Bendungan Sepaku Semoi di kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim saya resmikan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi juga menjelaskan bahwa pembangunan Bendungan Sepaku Semoi telah dimulai sejak tahun 2020 lalu. Bendungan tersebut, sambung Jokowi, dibangun dengan anggaran Rp836 miliar.

“Bendungan Sepatu Semoi yang telah dimulai pengerjaannya tahun 2020 dan selesai di tahun 2024. Menelan biaya Rp836 miliar,” kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan bahwa bendungan tersebut dapat menjadi sumber air bagi Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan daya tampung 16 juta meter kubik.

“Nantinya ini akan memiliki daya tampung 16 juta meter kubik, dengan luas genangan 322 hektar. Ini akan jadi sumber air baku, bagi air minum di ibu kota nusantara dan juga sebagian untuk kota Balikpapan,” ungkapnya.

 

  1. Jokowi Mau Hijaukan IKN Pakai Persemaian Mentawir Rp339 M

Jokowi hari ini meresmikan Pusat Persemaian Mentawir di Kalimantan Timur. Proyek yang dibangun senilai Rp339 miliar ini akan ditanam bibit pohon segala jenis yang akan ditanamkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dibangun selama 1 tahun lebih, fasilitas persemaian Mentawir ini dapat memproduksi 15 juta bibit pohon berbagai jenis. Joko Widodo memiliki mimpi untuk menjadikan IKN sebagai kota hijau dan ramah lingkungan.

Bukan hanya untuk menghijaukan IKN, bibir dari Mentawir ini nantinya dapat dipakai juga untuk merehabilitasi lahan-lahan bekas tambang.

“Ini kita butuhkan untuk menghijaukan kembali IKN tetapi juga di wilayah Kaltim dan sekitarnya, sehingga kita juga bisa memiliki persemaian besar dalam rangka rehabilitasi hutan untuk menanam kembali bekas-bekas tambang dan itu bisa kita kerjakan kalau kita memiliki persemaian besar,” ungkap Jokowi dalam peresmian yang disiarkan virtual, Selasa (4/6/2024).

Selain itu, Jokowi juga menyatakan di pusat persemaian bibit-bibit pohon yang sudah langka juga disimpan, seperti pohon sungkai dan tanaman endemic lainnya di Kalimantan. Bukan hanya itu, Jokowi juga menyebut dalam persemaian Mentawir juga memiliki fasilitas untuk melakukan bayi tabung untuk hewan.

“Sperma-sperma satwa yang sudah mulai berkurang juga sudah ada yang nantinya itu bisa dipakai untuk bayi tabung hewan-hewan yang sudah tidak ada,” ujar Jokowi.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar juga mengungkapkan total anggaran pembangunan persemaian Mentawir mencapai Rp339 miliar.

“Total konstruksi mencapai Rp339 miliar atau setara US$ 21 juta keseluruhan, tapi untuk konstruksi saja sekitar US$ 14 juta,” papar Siti Nurbaya.

Pusat pembibitan ini dibangung dengan skema kerja sama Public Private Partership (PPP) kerja sama antara pemerintah dan swasta, yakni Kementerian KLHK, Kementerian PUPR, dan PT Indo Tambangraya Megah, PT PLN (Persero), dan PT Telkom (Persero Tbk).

Demikianlah artikel kali ini tentang karir Joko Widodo. Semoga tulisan ini ada guna dan manfaatnya sekaligus menjadi inspiratif bagi kita semua.