Tips Agar Lulus Probation Kerja Yang Wajib Dipelajari

Tips Agar Lulus Probation Kerja Yang Wajib Dipelajari

Texasmusicflood –¬†Apakah Anda berhasil mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang selalu Anda impikan? Sangat senang! Usaha, usaha dan pengorbanan kalian tidak sia-sia.

Sayangnya, ia belum dinyatakan sebagai pegawai tetap di perusahaan tersebut karena masih harus melewati masa percobaan. Apa itu masa percobaan dan bagaimana Anda dapat menghindarinya selama waktu ini? Simak penjelasannya di bawah ini!

Masa percobaan adalah masa percobaan selama 3 sampai 6 bulan yang harus dilalui oleh seorang karyawan baru. Selama waktu ini, pemimpin bisnis atau manajer akan mengevaluasi kinerja karyawan. Jika dianggap memenuhi syarat, karyawan tersebut dapat terus bekerja untuk perusahaan berdasarkan kontrak atau segera dinyatakan sebagai karyawan tetap.

Jika selama pengujian kinerja seorang karyawan tidak baik, perusahaan berhak untuk tidak melanjutkan kontrak kerja dengan karyawan tersebut. Ini berarti bahwa karyawan harus memulai pencarian pekerjaan mereka dari awal.

Oleh karena itu, setiap karyawan harus menunjukkan keterampilan terbaiknya selama masa percobaan agar dapat terus bekerja di perusahaan. Berikut adalah beberapa tips untuk masa percobaan yang sukses di perusahaan impian Anda:

1. Bekerja dengan serius

Saran pertama adalah bekerja dengan serius karena semua yang Anda lakukan akan dinilai oleh bos. Singkirkan kebiasaan menunda waktu di tempat kerja. Jika Anda bisa melakukannya hari ini, maka lakukanlah dan lebih baik lagi jika sudah selesai.

Selain cara Anda bekerja di kantor, kesungguhan Anda dalam bekerja juga bisa dinilai melalui disiplin waktu, yaitu saat Anda tiba di tempat kerja. Jadi jangan terbiasa terlambat. Perlu diingat bahwa kamu masih dalam masa percobaan, jadi jangan lengah dengan kejadian yang terlambat.

2. Tetapkan tujuan harian

Karyawan dalam masa percobaan biasanya diberikan proyek kerja, seperti memilah-milah laporan keuangan triwulanan yang masih rusak dalam sebulan. Untuk membuat proyek ini sukses, Anda perlu menetapkan sendiri tujuan arus kas harian untuk dikerjakan.

Itu sama untuk besok, lusa, dan seterusnya selama sebulan. Tujuannya adalah untuk mengetahui di mana pekerjaan Anda berada.

Jika Anda masih jauh dari tujuan, Anda bisa memaksakan diri untuk bekerja lebih keras agar pekerjaan Anda dalam sehari melebihi target yang ditentukan. Sehingga proyek yang diberikan dapat diselesaikan tepat waktu dengan hasil yang memuaskan.

3. Kembangkan keterampilan Anda

Bahkan jika Anda telah diberi meja kerja atau proyek tertentu, tidak ada salahnya untuk mengembangkan keterampilan Anda di bidang lain. Misalnya, mempelajari proses bisnis dan catatan keuangan perusahaan.

Tidak ada yang salah dengan belajar, kan? Ya, meskipun itu bukan tugas dan tanggung jawab Anda setelahnya.

Anda bisa bertanya kepada rekan kerja yang mengelola rencana kerja, namun di waktu yang tepat. Waktu di mana pekerjaan Anda tidak menumpuk, sehingga dapat mengajari Anda dengan baik.

4. Mengetahui budaya kerja di perusahaan

Setiap perusahaan memiliki budaya kerja yang berbeda, jadi Anda harus bisa melihat bagaimana karyawan bekerja di sana. Tidak hanya pada budaya waktu kerja dan lembur, tetapi juga pada kehidupan sehari-hari di kantor. Bolehkah berbicara, makan, bermain musik sambil bekerja atau dilarang?

Dengan mengenali budaya kerja, Anda dapat menyesuaikan dan menghormati aturan ini selama masa percobaan. Anda bebas dari teguran atau pengurangan poin!

Untuk lebih mengenal budaya kerja, Anda bisa bertanya kepada karyawan yang sudah lama bekerja di perusahaan tersebut. Minta secukupnya, jangan terlalu banyak menggali karena pada saatnya nanti kamu akan tahu sendiri.

5. Jangan sungkan untuk bertanya

Tidak mengerti tugas atau proyek yang diberikan atasan Anda? Tanyakan padanya apakah dia bingung, bukan diam-diam. Karena diam tidak bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Masa percobaan adalah saat ketika bos Anda ingin menguji keterampilan Anda dalam beberapa cara. Misalnya, cara berkomunikasi, memecahkan masalah, menganalisis, bahkan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru.

Tentunya sebelum bertanya sebaiknya Anda mencoba melakukannya sendiri terlebih dahulu. Jadi tidak setiap kali ada masalah, tanyakan saja, ok!

Sumber:

Blitarkota

gaji kopi kenangan